Kebersamaan tanpa batas (Kertas), Makrab 2021

Kegiatan Makrab adalah salah satu dari program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Teknik Pati pada periode 2021/2022. Makrab (malam atau masa keakraban) merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau komunitas untuk mengumpulkan anggotanya dalam suatu event khusus. Pada acara Makrab STTP ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengakrabkan sesama mahasiswa, baik antar lingkup mahasiswa baru maupun antara adik tingkat dengan kakak tingkat. Makrab 2021 diketuai oleh Agus Riyanto (Teknik Elektro ‘19) dan penanggung jawab acara Mauladina Rezky Riadista (Manajemen ‘19). Sementara itu, untuk kepanitiaan lain dibantu oleh mahasiswa semua angkatan (Tahun 2018 – 2021). Acara Makrab tahun ini bertemakan ”KERTAS” – Kebersamaan Tanpa Batas. Kegiatan dilaksanakan di Taman Sardi, Kudus pada tanggal 4 – 5 Desember 2021 dan diikuti kurang lebih 70 mahasiswa.

Hari pertama, peserta dan panitia berkumpul di halaman Sekolah Tinggi Teknik Pati guna pemberangkatan ke destinasi Makrab. Alat transportasi menggunakan mobil ELF dan Bus yang disediakan oleh Yayasan Tunas Harapan Bangsa. Pukul 09.00 pagi, rombongan berangkat ke lokasi tujuan. Sekitar pukul 10.00, peserta makrab sudah tiba di lokasi Taman Sardi, Kudus. Acara pada hari pertama diawali dengan Apel pagi oleh seluruh peserta dan panitia Makrab. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan Ketua Makrab, perkenalan panitia, dan games. Beberapa permainan Makrab diantaranya adalah; eja kata, sambung kata, dan menyebutkan nama anggota kelompok. Kegiatan pada sesi pertama dilaksanakan hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan ISHOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan).

Pukul 13.00 WIB, seluruh peserta berkumpul di halaman. Kegiatan selanjutnya adalah Team Building yang bertujuan untuk melatih kekompakan kelompok. Kelompok laki-laki bermain sepak bola dengan memakai penutup wajah berbentuk corong. Hal itu dilakukan untuk mempersulit peserta dalam mencetak gol. Selain itu acara menjadi lebih seru karena permainan ini unik dan beda dari sepak bola biasanya. Selanjutnya adalah permainan Balon Himpit, kelompok laki-laki dan perempuan diharuskan membawa balon dengan cara dihimpit pada punggung oleh 2 peserta. Balon tidak boleh jatuh sebelum mencapai garis finish. Kegiatan pada sesi kedua ini berakhir pada pukul 17.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan mandi untuk bersiap pada acara sesi berikutnya.

Setelah melaksanakan Sholat Magrib dan Isya’, kegiatan berlanjut dengan makan bersama. Setelah itu adalah acara puncak berupa pentas seni oleh masing-masing himpunan mahasiswa yang bertempat di aula bawah. Acara pada malam ini juga turut mengundang dosen-dosen Sekolah Tinggi Teknik Pati. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan, penyampaian kemajuan program kerja BEM oleh (David Arifuddin), dan penyampaian informasi terkait acara makrab oleh Bapak Joko Suranto (Ketua STTP). Beliau mengatakan bahwa ”Makrab yang berarti Masa/Malam Keakraban adalah suatu kegiatan yang memiliki esensi untuk mengakrabkan antar mahasiswa. Tidak ada senioritas di sini, semuanya memiliki kedudukan yang sama”. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Pak Marno.

Kegiatan pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertunjukan pentas seni. Himpunan Mahasiswa Manajemen membawakan drama musikal berjudul “Dulkemit Kehilangan Cinta” yang diperankan oleh (Jajo, Cindi, Santi, Susan, Saiful, Adit, Hida, dan Afida). Kemudian dilanjutkan dengan Himpunan Mahasiswa Informatika dengan membawakan lagu oleh (Bella dan Devano). Terakhir dari Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro yang juga membawakan tembang oleh (Arul, Fajar, dan Irvan). Kegiatan berlanjut dengan bernyanyi bersama oleh dosen dan juga mahasiswa.

Acara pada sesi berikutnya adalah berkumpul di halaman atas. Pukul 22.00 WIB, seluruh peserta Makrab membentuk lingkaran yang mengelilingi api unggun dan mengucap janji mahasiswa. Peserta dibolehkan untuk kembali ke aula untuk beristirahat setelah seluruh kegiatan pada hari pertama terlaksanakan.

Hari kedua dibuka dengan Sholat Subuh berjamaah, senam bersama, dan sarapan. Setelah itu peserta dan panitia bersiap-siap untuk mengemasi barang dan membersihkan area sekitar Makrab. Pukul 08.00 pagi, peserta berkumpul di halaman untuk melakukan Apel Penutupan. Acara dimulai dengan penyampaian pesan kesan peserta dalam mengikuti Makrab STTP 2021 dan penyerahan hadiah games.

Agus Riyanto selaku Ketua Makrab menyampaikan, “Terima kasih kepada seluruh panitia dan peserta Makrab yang terlibat pada acara ini. Semoga pada tahun-tahun mendatang, kegiatan makrab lebih ramai dan meriah lagi”. Terakhir adalah penutupan oleh Pak Nuri selaku Kemahasiswaan. Beliau berpesan “Semoga dengan adanya acara ini, kita semua bisa tambah akrab lagi antar mahasiswa. Serta menjadi mahasiswa yang bisa memberikan value kepada orang-orang di sekitarnya. Terima kasih untuk seluruh panitia, dengan terlaksananya kegiatan ini semoga menjadi amal jariyah buat kalian semua. Aamiin.”

********************************************

Naskah : Yulianto

Redaktur : Mauladina Rezky Riadista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *