S1 – Teknik Informatika

Teknik informatika adalah : Sebuah sekumpulan disiplin ilmu yang menginduk terhadap ilmu komputer yang secara khusus menangani permasalahan transformasi dan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dengan se-optimal mungkin melalui proses-proses logika tertentu. Pada materi ilmu teknik informatika lebih banyak mempelajari dan mengkaji ilmu pemrograman dan komputansi, ilmu rekayasa perangkat lunak, dan materi teknik jaringan komputer

Sebagai sebuah disiplin ilmu maka Teknik Informatika memiliki posisi yang unik. Tidak seperti disiplin ilmu teknik lainnya, Teknik Informatika sebenarnya sulit untuk di masukkan secara khusus dalam kecabangan ilmu sains atau ilmu teknik. Ini dikarenakan fungsinya yang lintas disiplin dan menjadi jembatan terhadap gap antara teori sains dengan praktis keteknikan dengan penekanan pada aspek penelitian, pengembangan, desain, dan analisis. Beberapa pihak masih menggangapnya sebagai bagian dari Fisika dengan fokus pada aplikasi (applied physics) sedangkan di  Indonesia sendiri Teknik Informatika masuk dalam rumpun ilmu terapan. Karena fungsinya yang lebih mengarah para penerapan keilmuan fisika untuk pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Secara ontologis, Teknik Informatika melibatkan dukungan dari beberapa disiplin ilmu lainnya seperti Ilmu Teknik, Matematika, Informatika, dan Bahasa. Di mana Ilmu teknik menjadi dasar yang utama dari studi Teknik Informatika, dimana Ilmu Teknik berkontribusi untuk mewujudkan teori-teori fisika ke dalam penerapan teknologi melalui kajian rekayasa materi dan energi, rekayasa listrik dan elektronika, serta  rekayasa mekanika statika dan dinamika. Kolaborasi dari Ilmu Fisika dan Ilmu Teknik menghasilkan pengembagan keilmuan fisika. Di pihak lain Teknik Informatika juga menerima kontribusi dari keilmuan lainnya seperti kebahasaan dan statistik.

Ilmu Komputasi atau yang lebih dikenal sebagai informatika, telah mengalami sejumlah evolusi semenjak diperkenalkan dalam khazanah ilmu pengetahuan sekitar tujuh puluh lima tahun yang lalu. Sejarah dari ilmu ini dimulai ketika manusia berhasil menciptakan komputer, sebuah teknologi pengolah data yang dalam perkembangannya telah merubah tatanan dunia karena penerapannya dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Teknologi yang sanggup menghilangkan batas-batas ruang dan waktu ini berkembang secara pesat dari waktu ke waktu, yang secara simultan mewarnai evolusi perkembangan dari ilmu komputasi itu sendiri.

Secara keilmuan, rumpun ilmu komputasi ini memiliki lima domain bidang ilmu, masing-masing adalah:

  • computer engineering (sistem komputer/teknik komputer),
  • computer science (informatika/ilmu komputer),
  • information system (sistem informasi/ manajemen informatika),
  • software engineering (rekayasa perangkat lunak), dan
  • information technology (teknologi informasi).

Ontologi dari ilmu ini adalah “komputasi” – karena merupakan esensi utama dari fenomena lahirnya komputer, informatika, dan teknologi informasi (Hilera, 2005). Makna komputasi ini berbeda dengan istilah “kalkulasi” (dasar kata “kalkulator”). Kalkulasi lebih menekankan pada perhitungan matematika, sementara komputasi fokus pada pengolahan data (walaupun keduanya dilakukan dengan menggunakan basis matematika biner).

 Penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Pati yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan Sekolah Tinggi Teknik Pati memiliki manfaat terhadap:

  1. Institusi
  • Terselenggaranya pendidikan dan pelatihan bidang studi Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Pati.
  • Mendukung terselenggaranya Renstra Pendidikan Nasional Perguruan Tinggi
  • Peningkatan kuantitas dan kualitas kerjasama baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, industri, lembaga penelitian, dan pihak-pihak terkait lainnya
  1. Masyarakat
  • Menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran di masyarakat khususnya pengangguran tenaga terdidik
  • Memperluas dan memperbanyak informasi pelayanan berbasis informatika
  • Peningkatan Kualitas Pendidikan
  1. Industri
  • Meningkatkan ketersediaan jumlah tenaga profesional dibidang Informatika bagi industry dan usaha serta instansi pemerintahan
  • Mendukung perkembangan industri dalam negeri
  1. Bangsa
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia
  1. Negara
  • Menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berdaya saing tinggi dikancah internasional khususnya di bidang Informatika.
  • Mendorong standarisasi pembelajaran Interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi tanpa batas ruang dan waktu

Lulusan Strata-1 Teknik Informatika dan Komputer memiliki prospek karir di bidang Teknologi Informasi khususnya teknik pengembangan perangkat lunak, beberapa jenis karir yang umum dipilih misalnya :

  1. Sistem Analyst dan IT Consultant
  2. Software / Web Engineer
  3. Database Administrator
  4. Network & Web Administrator
  5. Computer Game Developer
  6. Business Application Software Developer
  7. E-Commerce Software Developer
  8. Technopreneur in IT
  9. IT Research & Developer