Sejarah STTP

Kelahiran Sekolah Tinggi Teknik Pati di Pati merupakan salah satu wujud kepedulian beberapa pengurus Yayasan Tunas Harapan Bangsa Pati untuk ikut serta mengembangkan dunia perguruan tinggi.

Yayasan Tunas Harapan Bangsa Pati di Kabupaten Pati dengan Nomor Akte Pendirian Yayasan No. 1 tanggal 1 Juli 2013 dihadapan Notaris Sugiati Sukahar, S.H dan telah disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-2904.AH.01.04.Tahun 2014 tanggal 4 Juni 2014. Hal ini memang tak dapat dilepaskan dari tuntutan masyarakat yang semakin maju dalam memandang masa depannya, khususnya tersedia sumberdaya manusia yang handal dan terampil. Oleh karena itu, melalui Surat Keputusan Menristekdikti No. 267/KPT/I/2018 tertanggal 5 Maret 2018, maka sejak tanggal tersebut, secara resmi di Pati telah lahir perguruan tinggi baru yaitu

Sekolah Tinggi Teknik Pati dengan dua Jurusan yaitu Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Informatika untuk Program S-1.

Pada Hari Jumat Tanggal 23 Maret 2018 di Aula B Kantor Koperties Wilayah VI Semarang menjadi catatan sejarah serah terima SK operasional Sekolah Tinggi Teknik Pati (STTP) dari Perwakilan Kemenristekdikti pada saat itu diwakili Bapak Ainun Naim dan perwakilan dari Yayasan Tunas Harapan Bangsa Pati yang diwakili Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd sebagai Pembina Yayasan, sekaligus dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Perjanjian antara Yayasan dengan Koperties Wilayah VI yaitu Dr Dwi Yuwono Puji Sugiharto M.Pd.

Proses belajar mengajar untuk pertama kali berlangsung tahun 2018 di Kampus Sekolah Tinggi Teknik Pati, kampus ini berdiri diatas tanah milik Yayasan Tunas Harapan Bangsa Pati. Kegiatan proses belajar mengajar ini berlangsung dilantai I, dimana dilantai II masih dilakukan pembangunan gedung yang direncanakan 5 lantai. Sebuah perjuangan luar biasa untuk sebuah kampus yang baru lahir menyelenggarakan perkuliahan di atas tanah dan gedung milik sendiri. Kampus ini berada di Jl. Raya Pati Trangkil Km 4,5 Kecamatan Pati Kabupaten Pati Jawa Tengah dengan nomor telpon (0295)382470.