pend

S1 – TEKNIK ELEKTRO STTPATI





Pada era digitalisasi sekarang ini seluruh bidang pekerjaan mengalami perubahan, diakibatkan karena pesatnya perkembangan teknologi terutama penggunaan energi listrik yang sudah tidak dapat ditawar lagi kemudahan terkoneksi dengan internet. Hal ini bisa dilihat industri menggunakan energi utama listrik baik PLN maupun membuat pembangkit sendiri, serta baterai, mengganti mesin bakar menjadi robot mengunakan motor listrik dan pneumatik yang bekerja secara otomatis ( tanpa operator ). Kemudian didukung dengan perkembangan internet sehingga alat listrik dan elektronika ini menjadi dapat dipantau dan dikendalikan secara online yang kita kenal Internet of things ( IoT )




Jumlah tenaga kerja manusia di pabrikan, perkantoran, hingga perumahan semakin berkurang dan digantikan dengan teknologi. Peran manusia beralih dari melakukan pekerjaan berat menjadi pengawas, pemodifikasi, perancang dan penggagas teknologi. Teknik Elektro STTPati meluluskan Sarjana Teknik Elektro (S.T) yang kompeten bekerja di bidang electrical Design Rngineering, Robotic Engineering, Automation Engineering, serta sistem kontrol terintegrasi

Mata Kuliah Unggulan

  1. Automasi Industri
  2. Robotic
  3. HMI ( Human Machine Interface ) dan SCADA
  4. Smart Building
  5. Renewable Energy
  6. Industrial Internet of Things
  7. Telecontrol
  8. Technopreneur

Konsentrasi Mata Kuliah

  1. Industrial Control / Automation
  2. Renewable Energy
  3. Instrumentation / Elektronika Terapan



Electrical Engineer

Ahli dibidang pembangkitan, penyaluran serta konversi energi listrik serta penyediaan listrik secara standar dan aman

Contoh: GENSET, PLTU, Gardu Induk, dll

Robotic Engineer

Ahli dibidang perancangan dan rekayasa pembuatan robot (alat bantu kerja manusia) baik beroda maupun robot industri. Contoh: robot las, robot pemindah barang, robot perakit, robot beroda.

Automation Engineer

Ahli dibidang perancangan dan rekayasa dalam pembuatan alat/mesin industri (pabrik) yang dapat bekerja sendiri menggunakan energi listrik. Contoh: mesin injeksi plastik, mesin CNC.

Microelectronic Engineer

Ahli dibidang perancangan penerapan chip/sistem tertanam yang didedikasikan dalam alat elektronika yang punya fungsi khusus. Contoh: alat absen sidik jari, scanner e-toll, detektor wajah.

Instrumentation Engineer

Ahli dibidang perancangan dan modifikasi rangkaian sistem pendeteksi dan penkondisian sinyal. Contoh: sensor suhu, sensor kecepatan, sensor keseimbangan, sensor tekanan, sensor gas.

Entrepreneur

Profesional dibidang usaha penyediaan jasa kelistrikan serta pengadaan komponen kelistrikan baik bisnis skala besar dan kecil atau pembuatan komponen/alat listrik kebutuhan khusus.

Electrical Consultant

Konsultan bidang kelistrikan baik untuk pengadaan, verifikasi kelayakan, perhitungan, dan penetapan surat rekomendasi/sertifikat.

Staff Electrical

Sebagai penanggung jawab dalam sebuah instansi tentang segala jenis fungsi dan kebutuhan listrik di instansi tersebut: penyediaan listrik, telepon, PABX, energi cadangan, penerangan, pemanas/pendingin ruangan.